POINT-POINT PENTING DALAM MEMBUAT SOAL HOTS 2019

WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.IDUntuk mencapai semua kecakapan ini diperlukan rangsangan berpikir bagi siswa. Salah satunya dengan memicu anak untuk memecahkan soal atau masalah yang memerlukan keterampilan berpikir.

HOTS merupakan singkatan dari Higher Order Thinking Skills. Jika diterjemahkan maka berarti “Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi”.

Soal HOTS dapat diartikan sebagai soal yang mampu merangsang kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). Tetapi juga mampu berpikir kritis dan kreatif.

Soal dengan istilah-istilah yang sulit dan belum diketahui atau jarang digunakan belum tentu termasuk soal  HOTS, jika tidak melibatkan proses menalar.

Soal-soal yang disusun secara HOTS memiliki beberapa karakteristik, diantaranya:
  •   Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, meminimalkan aspek mengingat dan               memahami;
  •     Berbasis permasalahan kontekstual;
  •     Stimulus menarik;
  •     Tidak Familiar;
  •     Kebaruan.
  •     Menganalisis KD yang dapat dibuatkan soal HOTS.
  •     Menyusun kisi-kisi soal.
  •     Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual;
  •     Menulis butir pertanyaan pada kartu soal sesuai dengan kisi-kisi soal. Butir-butir pertanyaan      ditulis agar sesuai dengan kaidah penulisan butir soal;
  •     Membuat pedoman penskoran atau kunci jawaban.


Beberapa tips yang bisa digunakan dalam menyusun soal:

  1.     Diusahakan menggunakan konteks nyata yang mudah dipahami anak.
  2.     Buat soal yang nyata dan ada dilingkungan anak untuk memudahkan anak dalam memahami      konteks soal.
  3.     Buat pertanyaan berdasarkan bagan atau gambar untuk merangsang anak berpikir kritis.
  4.     Penggunaan bagan atau gambar dapat merangsang anak untuk berpikir lebih.
  5.     Tanyakan alasan dari jawaban yang telah diberikan.
  6.     Misalnya disajikan sebuah pernyataan, kemudian tanyakan apakah anak setuju atau tidak          dengan pernyataan tersebut. Dilanjutkan dengan meminta alasannya.
  7.     Gunakan variasi bentuk soal yang beragam.
  8.     Variasi soal yang bisa digunakan berupa isian maupun pilihan ganda.


Dalam konteks penilaian untuk pembelajaran (assesment for learning), guru harus mengolah dan menganalisis setiap jawaban siswa baik yang kurang tepat maupun jawaban lainnya. Jawaban yang kurang tepat sekalipun seharusnya diberikan skor yang sesuai

Hal ini sangat membantu guru untuk mengetahui kesulitan siswa (diagnostik) sehingga guru dapat menemukan cara yang efektif untuk memperbaiki proses pembelajaran.

Untuk melengkapi materi yang ada pada halaman ini berikut ini kami sertakan file powerpoint yang didalamnya membahas lebih lanjut tentang soal HOTS disertai dengan contoh-contoh pengembangannya.

Sumber :kependidikan.com

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "POINT-POINT PENTING DALAM MEMBUAT SOAL HOTS 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel