6 PERTANYAAN DAN JAWABAN PENTING SEPUTAR BIDIKMISI TERBARU 2019

WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.IDBerikut adalah pertanyaan dan jawaban penting bidikmisi terbaru 2019, semoga bisa menjawab kebingungan teman-teman semua...

SAYA TIDAK MEMILIKI PRESTASI , NILAI RAPOR PER SEMESTER NAIK TURUN , APAKAH DIPERKENANKAN MENDAFTAR BIDIKMISI ?

jawabanPersyaratan pendaftaran Bidikmisi tahun ini sama dengan Bidikmisi tahun lalu yang tidak menjabarkan prestasi, jadi asalkan Anda memenuhi syarat pendaftaran seleksi masuk, Anda bisa mendaftar Bidikmisi. Silahkan meminta pihak sekolah merekomendasikan Anda di laman pendaftaran Bidikmisi sesuai jadwal.

SAYA PENERIMA BIDIKMISI, APAKAH BOLEH MENDAFTAR BEASISWA SELAIN BIDIKMISI?

jawabanAsalkan sumber dana beasiswa lainnnya berbeda dengan Bidikmisi (APBN) tidak masalah, kecuali jika ada ketentuan lain di kontrak beasiswa selain Bidikmisi.

SAYA ALUMNI, APAKAH BOLEH MENDAFTAR BIDIKMISI?            
Jawaban : Bidikmisi 2019 ditujukan bagi lulusan 2018 (yang belum menjadi mahasiswa) dan yang akan lulus tahun  2019.

Untuk lulusan 2018 bisa menghubungi pihak sekolah agar merekomendasikan Anda di laman pendaftaran Bidikmisi sesuai jadwal atau jika sudah pernah mendaftar pada tahun 2018 (memiliki nomor pendaftaran dan kode akses), Anda dapat melakukan pembaruan akun di Sistem Bidikmisi


MENGAPA SETELAH MENGISI BAGIAN KONDISI EKONOMI SAYA DINYATAKAN TIDAK LAYAK?
JawabanJIka anda sudah mengisi laman pendaftaran bidikmisi untuk siswa, pada bagian kondisi ada keterangan bahwa saya tidak layak menerima bidikmisi, kenapa ini terjadi

ada kemungkinan sistem mencatat pendapatan yang anda isikan lebih besar daripada maksimal pendapatan orang tua yang diperkenankan yaitu 4 juta rupiah per bulan
ada kemungkinan sistem mencatat jumlah pendapatan orang tua dibagi jumlah tanggungan lebih besar dari 750 ribu rupiah.

Jika ternyata Anda percaya bahwa isian yang dilakukan tidak benar, bisa mengajukan permohonan pembetulan kondisi ekonomi pada laman yang sama, permohonan yang diajukan akan direview oleh operator dan akan diputuskan paling lama 7 hari kerja.

JIka nanti ternyata anda menemukan ada kandidat lain yang tidak layak dengan tanda tanda misalkan bergaya hidup mewah, mohon dilaporkan ke panitia bidikmisi PT untuk diverifikasi ulang kelayakannya. Kandidat yang memalsu data akan dikenai sanksi sampai dengan pembatalan penerimaan di PT terkait.

Kami menganggap setiap pelanggaran terhadap peraturan merupakan  hal yang sangat serius sehingga akan ditindaklanjuti dengan sangat serius.

KAPAN DANA BIDIKMISI CAIR ?
JawabanBantuan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan
  1. Mahasiswa bidikmisi on going disalurkan ke rekening Perguruan Tinggi sekaligus untuk dua semester yang dibayarkan diawal semester genap
  2. Mahasiswa bidikmisi baru dan on going-baru, disalurkan ke rekening Perguruan Tinggi untuk satu semester yang dibayarkan diawal semester gasal;
  3. Mahasiswa bidikmisi profesi dapat disalurkan ke rekening Perguruan Tinggi per semester;?

Bantuan biaya hidup diberikan setiap semester, bulan September untuk Semester Gasal dan bulan Maret untuk Semester Genap. Perlu diketahui bahwa ketepatan pencairan dana sangat bergantung pada pengajuan PT.

NILAI IPK TURUN, APAKAH STATUS SAYA SEBAGAI PENERIMA BIDIKMISI AKAN DICABUT (PENGHENTIAN BANTUAN) ?

jawaban : Memang ada monitoring IPK dan IPS Anda per semester melalui pelaporan yang dikirimkan pihak PT ke Belmawa Kemenristekdikti. Untuk detailnya bisa ditanyakan ke bagian kemahasiswaan PT.
Pada prinsipnya jika masih bisa dibina dan lulus tepat waktu, lebih baik dipertahankan. Dari kebijakan kami, hal yang bisa menjadikan penghentian pemberian bantuan bidikmisi diantaranya adalah.
  1. 1.      Tidak memenuhi syarat akademik yang ditetapkan, hal ini sering terjadi di politeknik
  2. 2.      Menjadi mahasiswa tidak aktif (tidak sesuai ketentuan PT)

Sumber : bidikmisi

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "6 PERTANYAAN DAN JAWABAN PENTING SEPUTAR BIDIKMISI TERBARU 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel