ALHAMDULILLAH, DISAMAKAN DENGAN UMR, MENDIKBUD SIAPKAN PERATURAN SOAL UPAH GURU HONORER

WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID -Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menegaskan pihaknya berupaya untuk menaikkan kesejahteraan guru, utamanya guru honorer untuk membantu proses pendidikan di seluruh Indonesia tetap berjalan.

Salah satunya adalah rencana pemberian upah kepada guru honorer yang sesuai UMR (Upah Minimum Regional).

“Dalam satu kondisi guru honorer dibutuhkan jika kebutuhan guru melalui tes calon pegawai negeri sipil tak terpenuhi sementara banyak yang pensiun, oleh karena itu kami tengah menyiapkan draf peraturan pemerintah (PP) untuk memberi upah bagi guru honorer sesuai dengan UMR,” ungkap Muhadjir.

Untuk itu Muhadjir menjelaskan bahwa Kemendikbud tengah melakukan sensus kepada guru-guru di seluruh Indonesia untuk mengetahui siapa saja yang layak disebut guru honorer.

“Definisi guru honorer mudah-mudahan sudah selesai tahun depan, yang jelas beban kerja sama dengan guru lain, kalau hanya mengajar satu jam ya tidak bisa disebut guru honorer,” tegasnya.


Menurutnya dalam 10 tahun ke depan jumlah guru yang pensiun bisa mencapai 700 ribu orang di seluruh Indonesia.

“Tahun depan saja ada 54 ribu guru yang pensiun, kalau tidak diimbangi dengan rekrutmen guru berjumlah sama atau pemberian kesejahteraan bagi guru honorer tentu roda pendidikan akan berhenti,” keluhnya.

Ia mengatakan jumlah tenaga pendidik di Indonesia perlu dipertahankan karena memiliki perbandingan rasio yang bagus seperti di Finlandia.

“Rasio guru terhadap murid di Indonesia sudah dalam tahap bagus yakni 1:17, sama dengan Finlandia yang katanya memiliki kualitas pendidikan paling bagus di dunia,” kata Muhadjir.

Muhadjir pun menjelaskan bahwa jumlah guru dan tenaga pendidik di Indonesia saat ini berjumlah sekitar 3.017.000 dan 900 ribu di antaranya mengajar di sekolah swasta, sisanya di sekolah negeri.

Sumber : tribunnews.com

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "ALHAMDULILLAH, DISAMAKAN DENGAN UMR, MENDIKBUD SIAPKAN PERATURAN SOAL UPAH GURU HONORER"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel