Membayar Aplikasi Pendidikan Menghamburkan Dana BOS

WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID –Praktisi pendidikan dari Center for Education Regulations and Development Analysis (Cerdas), Indra Charismiadji menyebut, Dana BOS yang dapat digunakan untuk membayar aplikasi layanan pendidikan akan menjadi penghamburan uang negara. Kemendikbud didorong untuk mengoptimalkan "Rumah Belajar, aplikasi belajar daring plat merah dan gratis.

"Mengapa harus menghamburkan uang rakyat untuk membeli sesuatu yang sudah dimiliki pemerintah dan digunakan untuk kepentingan bersama tanpa membebani APBN?," ujar Indra dalam keterangannya kepada Medcom.id, Jumat 17 April 2020.

Menurutnya, kemampuan aplikasi Rumah Belajar setara dengan aplikasi serupa Ruangguru, Zenius, Quipper dan lain sebagainya. Dari sisi kapasitas server bahkan "Rumah Belajar" mampu menampung hingga 50 juta siswa belajar.

Indra mengaku heran, terlebih konten yang ditawarkan pun ternyata sama. Jika permasalahan konten "Rumah Belajar" tak lengkap dan kurang menarik, sebenarnya Kemendikbud memiliki anggaran untuk membenahinya.

"Kemendikbud punya anggaran Rp70 triliun lebih, sepetinya cukup untuk membuat konten yang bahkan lebih baik daripada yang berbayar," kata dia.

Lagi pula menurutnya, aplikasi berbayar itu belum terbukti secara akademik keberhasilannya mendongkrak kompetensi siswa. Belum ada catatan kesuksesan yang menjadi tolok ukur peningkatan kualitas siswa dari aplikasi tersebut.

"Buktinya kemampuan membaca anak Indonesia saja dari tahun 2000 sampai 2018 tidak meningkat. Apakah teknologi dan sistem pembelajarannya diakui atau terakreditasi baik nasional maupun internasional? Ternyata tidak," lanjut Indra.

Bahkan yang paling mengecewakan, salah satu aplikasi tersebut malah mendapat kepercayaan sebagai mitra pelatihan Kartu Prakerja. Aplikasi itu juga bakal mendapat bantuan dari APBN.

"Jujur menurut saya ini adalah perbuatan yang sangat jahat," tandasnya.

Untuk itu, dia berharap, agar apa yang sudah dimiliki Kemendikbud, bisa dimanfaatkan dengan baik. Langkah paling tepat saat ini adalah mengembangkan, mengoptimalisasi dan percaya pada "Rumah Belajar" yang jelas bisa diakses secara gratis.

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Membayar Aplikasi Pendidikan Menghamburkan Dana BOS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel