Akhirnya, Kemendikbud Bakal Punya Cetak Biru Pendidikan

WWW.INFOKEMENDIKBUD.ONLINE _Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim mengatakan pihaknya tengah menyusun cetak biru (blue print) pendidikan. Naskahnya ditarget selesai dalam enam bulan ke depan.

"Blue print sedang dibuat dan enggak bisa tergesa-tergesa dan harus dikemas dalam suatu strategi. Harapannya dalam waktu enam bulan ini bisa selesai," kata Nadiem di acara ' Taklimat Media' di Gedung A Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

Nadiem menggarisbawahi, khusus untuk kebijakan 'Merdeka Belajar' Kemendikbud akan memiliki cetak biru sendiri. Khususnya soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang sudah tidak relevan lagi dan membuat siswa tidak berkembang akan digantikan dengan Ujian Sekolah (US).

"USBN menjadi US adalah yang harus dipahami. Tanpa melalui proses belajar sendiri karena langkah ini di-skip dan tidak dilakukan proses pembelajaran dalam kelas ini makanya mentok di situ-situ aja," ujar Nadiem.


Dengan kebijakan Merdeka Belajar ini juga nantinya mulai dari sekolah dan guru akan dievaluasi. Dari situ bisa diketahui kompetensi dan kualitas guru dengan menerapkan sistem yang terbaru nanti.

"Semua guru harus dievaluasi sendiri dan harus melakukan interpretasi dan harus dijawab guru-guru yang belum kompeten ini namanya pembelajaran. Dan sekarang kita bermulai," papar Nadiem.

Terkait Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Nadiem memastikan hal itu bukan menjadi kendala lagi dalam proses administrasi. Guru jadi fokus optimal mengajar di kelas.

"Ketika itu muncul ketidaknyamanan sudah tidak ada namanya proses administrasi tapi proses pembelajaran dalam kelas yang terjadi," tuturnya.

Sebelumnya, Pengamat Pendidikan dari Center of Education Regulation and Development Analysis (Cerdas), Indra Charismiadji memberi masukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang pentingnya negara ini menerbitkan cetak biru pendidikan Indonesia.

“Ibaratnya kita mau bangun rumah. Enggak ada blue print-nya. Kita mau buat tiga kamar, dua kamar mandi. Karena enggak ada blue print tahu-tahunya anggaran habis yang terbangun cuma satu kamar saja,” kata Indra .

Sumber : medcom.id

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.INFOKEMENDIKBUD.ONLINE,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Akhirnya, Kemendikbud Bakal Punya Cetak Biru Pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel