23 JUTA PEKERJAAN PNS AKAN HILANG TERGILAS INDUSTRI 5.0

WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID –Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) menilai seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) perlu meningkatkan kemampuannya. Apalagi ada pergeseran pekerjaan seiring perkembangan teknologi digital.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur KemenpanRB Setiawan Wangsaatmaja memprediksi, ada 23 juta pekerjaan yang akan tergantikan. Namun pekerjaan apa yang akan tergeser dan hilang, tidak disebutkan Setiawan.

"23 hingga 27 juta pekerjaan akan tergantikan dengan otomatisasi. Tapi ada 46 juta pekerjaan baru akan muncul," ujarnya saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta.

Menurut pria yang kerap disapa Iwan, tergesernya beberapa pekerjaan di lingkungan ASN ini menyusul adanya pergeseran dari revolsi industri 4.0 menjadi 5.0. Revolusi industri 5.0 adalah internet sociaty yang mana seluruh kegiatan sosial ekonomi hingga politik sudah menggunakan internet.

"Hasil dari study OCB, Saat ini kita memasuki era 4.0 dan sociaty 5.0. Kalau kita bilang 4.0 seluruh terhubung internet kalau sociaty 5.0 semua ekonomi, politik terhubung ke internet," jelasnya.

Tanda-tanda tersebut saat ini sudah mulai terlihat jelas. Pasalnya, pemerintah berencana mengalihkan pelayanan dan memagemen pegawai melalui digital.

Bukan tanpa alasan pemerintah akan melakukan hal tersebut. Pasalnya saat ini jumlah pengguna internet Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Dari total populasi dunia sekitar 268 juta, yang berlangganan smartphone sebesar 355 juta jiwa. Sedangkan pengguna internet jumlahnya mencapai 150 juta.

Kemudian pengguna social media mecapai 150 juta jiwa. Sedangkan pengguna sosial media dengan menggunakan Smartphone mencapai 130 juta.

"Dari berbagai indeks kita harus menarik kekuatan terkait hal ini semua. Dan kekutan sudah ada," ucapnya.

Sumber :okezone.com

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "23 JUTA PEKERJAAN PNS AKAN HILANG TERGILAS INDUSTRI 5.0"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel