SEKOLAH SAYA TIDAK TINGGI. MAKA, SAYA MENUTUP KEKU­RANGAN DENGAN BANYAK MEM­BACA

WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID –Susi Pudjiastuti, nama ini begitu fenomenal belakangan ini. Berbagai penghargaan dapat diraih, baik nasional maupun internasional. Ia juga seorang pengusaha yang sangat sukses, bahkan kini berhasil menduduki jabatan menteri.

Pada sebuah kesempatan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, ia diakui sebagai salah satu pemikir global berpengaruh, karena banyak membaca.

Pernyataan ini ia sampaikan saat menjadi pembicara di acara talkshow Gen Milenial Bicara Pancasila di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat.

“Sekolah saya tidak tinggi. Maka, saya menutup keku­rangan dengan banyak mem­baca. Tirulah saya. Meniru yang banyak membaca, bukan sekolah yang tidak tinggi,” kata Susi Pudjiastuti.

Menurut Susi Pudjiastuti, dengan banyak membaca, dia bisa berbahasa Inggris, Jerman, Prancis, dan mampu berpikir logis.

“Karena literasi membaca bagus, saya bisa me­miliki wawasan luas,” ujar wanita yang bersekolah SMA di Yogyakarta itu.

Susi Pudjiastuti mengaku, saat remaja senang membaca buku filsafat, selain menggemari buku-buku populer lainnya ketika itu, sep­erti Kho Ping Hoo.


Buku filsafat yang digemarinya antara lain mengenai eksistensialisme, dan para penganut paham filsafat itu yang karyanya dibaca antara lain adalah Jean Paul Sartre.

Susi Pudjiastuti menyatakan, pemuda harus memiliki pengetahuan yang banyak agar bisa memimpin orang lain.

"Kalau kalian ingin menjadi seseorang yang bukan pengikut, kalian harus punya pengetahuan yang banyak. Bagaimana orang lain mau ngikutin kalau kalian enggak mengerti apa-apa," tuturnya.

Baca Juga: Kritik Sampah Plastik, Menteri Sri Mulyani dan Susi Pudjiastuti Kompak Lakukan Hal Ini

Susi Pudjiastuti mengaku bangga, sekaligus mengklaim mampu menjadikan Indonesia sebagai negara poros maritim kelautan dunia.

Menurut Susi Pudjiastuti, hal itu membanggakan lantaran dia hanya lulus dalam pendidikan formal melalui Paket C yang berarti setara kelas 2 SMA.

Katanya, sejak sebelum dia diangkat oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, stok ikan Indonesia pada 2001 hingga 2013 hanya mencapai kisaran tujuh juta ton, akibat penangkapan ikan Indonesia yang banyak dilakukan pihak asing.

Sedangkan sebelum itu, ia menegaskan stok ikan bisa mencapai 20 juta ton.

"Sampai akhirnya stok ikan tinggal 7,3 juta ton. Kemudian naik setelah kita adakan penenggelaman kapal yang saat ini sudah 488 kapal.

"Itulah poros maritim perikanan terjadi. Di tambah Pak Presiden keluarkan Perpres 44, modal asing dan kapal asing sudah tidak lagi boleh nangkep ikan," imbuhnya.

Meski pendidikan secara formal rendah, Susi Pudjiastuti mengungkapkan bahwa dirinya tidak pernah berhenti belajar dan membaca, untuk meningkatkan kualitas kepribadiannya.

Karenanya, pemikiran-pemikirannya saat menjadi menteri untuk memecahkan masalah bangsa, membuahkan hasil.

"Saya pesan kalau kalian ingin menjadi leader seseorang yang bukan pengikut, kalian harus punya knowledge banyak. Enggak mungkin mimpin orang kalau yang dipimpin lebih pintar dari kami, maka membaca. Literasi itu sumber oase pengetahuan yang luar biasa," beber Susi Pudjiastuti.

Selain mampu membuat stok perikanan Indonesia semakin meningkat, ia mengklaim Indonesia pun sekarang diikuti negara lain dalam menyelesaikan masalah perikanan di negaranya.

Salah satunya adalah negara Palau yang dikatakannya sudah berani menenggelamkan kapal pencuri ikan dari asing.

"Semua negara sekarang ikut, Palau sudah berani tembak kapal. Dia masukkan saya sebagai ten global thinker untuk defence security. Bangga, lulusan SMA kelas 2 bisa jadi pemikir 10 orang dunia. Berarti pola pikir kita diakui. Saya yang cuma SMA kelas 2 bisa begini, kalian bisa apa?" tuturnya.

Sumber : grid.id


Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "SEKOLAH SAYA TIDAK TINGGI. MAKA, SAYA MENUTUP KEKU­RANGAN DENGAN BANYAK MEM­BACA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel