MENDIKBUD: SAYA BERHARAP SEKOLAH-SEKOLAH TAK LAGI REKRUT GURU HONORER

WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID -Akhir bulan Februari ini, akan dibuka rekrutmen untuk tenaga honorer yang sebagian besar berasal dari guru melalui seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengusulkan 159 ribu guru honorer untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Hal ini dinyatakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat berkunjung ke SMAN 1, SMAN 3, dan SMAN 4.

"Nanti direkrut melalui jalur PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) dan diutamakan mereka yang berstatus K2," ujar Muhadjir.

Selain PPPK, proses rekrutmen juga dilakukan melalui seleksi CPNS. "Sekarang ASN ada 2, jalur PNS dan jalur PPPK," ungkap Muhadjir.


Lantas bagaimana dengan guru honorer yang usianya di atas 35 tahun? Guru honorer yang usianya di atas 35 tentu sudah tidak bisa ikut tes CPNS. Nah, mereka inilah yang dimungkinkan untuk ikut tes CPPPK.

"Karena usianya tidak dibatasi untuk CPPPK," tandasnya.

Apabila ada guru honorer yang tidak lulus setelah mengikuti salah satu tes, status mereka akan tetap dipertahankan menjadi honorer sampai nanti mendapatkan kesempatan ikut seleksi kembali, baik melalui CPNS maupun PPPK.

Untuk itu, program ini dilakukan secara bertahap. Target pemerintah dari Kemendikbud diharapkan selesai pada tahun 2023. Saat ini, jumlah guru honorer sendiri ada 736 ribu.

"Karena itu saya berharap sekolah2 tidak ada lagi rekruitmen guru honorer. Karena kalau rekrut terus nggak ada habis-habisnya nanti," pungkasnya.

Sumber : malangtimes.com

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "MENDIKBUD: SAYA BERHARAP SEKOLAH-SEKOLAH TAK LAGI REKRUT GURU HONORER"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel