TAK SAKTI, JIMAT PESERTA TES CPNS KETAHUAN PENGAWAS DAN LANGSUNG ...

WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID - Kebelet jadi abdi negara, peserta tes CPNS Zona Malang nekat bawa jimat ke dalam ruangan ujian. Petugas yang mengetahuinya geleng kepala lalu sita beragam bentuk barang yang dipercaya bertuah itu.

Hal ini dikatakan Koordinator Pelaksana Tes CPNS Zona Malang, Suksesi Sugiarti kepada Malang Post saat ditemui di lokasi tes, gedung Pertamina SMKN 2 Malang, kemarin. “Tidak ada pelanggaran besar. Tetapi ada beberapa yang bawa jimat,” katanya.

Titik, sapaan akrab Suksesi Sugiarti menjelaskan, panitia mengetahui peserta membawa jimat saat pemeriksaan sebelum memulai tes. Di antaranya ada yang terdeteksi metal detector. Selain itu terungkap saat pemeriksaan manual.

“Di metal detector biasanya gabung saat diperiksa di saku ada uang logam dikeluarkan juga ada jimat. Lalu kalau lolos dari metal detector saat diperiksa manual sama petugas di ruangan pemeriksaan badan, ditemukan lagi kadang di sekitar kepala, ada juga disimpan di saku dalam pakaian,” jelas Titik.


Kabid Mutasi dan Status Kepegawaian Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Kantor Regional II Surabaya ini mengatakan, jimat yang ditemukan biasanya berupa gulungan kertas berupa tulisan-tulisan yang dipercaya membawa kesuksesan. Ada pula berupa barang-barang kecil seperti batu-batuan. Hal ini dikatakan Titik sebagai barang yang tidak diperkenankan dibawa masuk ruangan tes. “Sesuai aturan saja. Selain identitas diri dan kartu ujian, tidak ada yang boleh dibawa masuk oleh peserta,” tegasnya.

Tak hanya itu, petugas pun kerap menangani situasi yang lumayan menguras tenaga. Yaitu memberikan pelayanan khusus kepada peserta yang hamil. Pasalnya peserta yang sedang hamil jumlahnya tidaklah sedikit.

Menurut Titik setidaknya tiap sesi terdapat minimal 3 peserta yang masuk tes dalam keadaan hamil besar. Ketika melihat hal ini petugas akan memprioritaskan mereka. “Jadi jangan sampai dia berdesak-desakan masuk. Kita dahulukan biasanya kalau mau masuk ke ruangan. Pernah waktu sesi terakhir untuk Malang Raya, di satu sesi ada 9 ibu hamil yang ikut tes. Jadinya kita siapkan petugas kesehatan di dalam lebih dari 3 orang yang jagain,” papar Titik.

Sementara itu kemarin mulai menapaki sesi wilayah Kabupaten Blitar dan Kota Blitar. Hingga kurang lebih 3 hari kedepan peserta berasal dari wilayah Blitar ini yang menjalani tes CPNS di Kota Malang.

Titik menyampaikan, peserta dari wilayah Malang Raya sudah selesai melaksanakan tes pada Minggu (28/10) lalu. Dari total 3.774 peserta terdapat satu orang yang tidak mengikuti tes dikarenakan terlambat datang di lokasi ujian. “Dia datang terlambat sekali. Harusnya jadwal sesi kedua datangnya di sesi ke 4. Kita tidak bisa terima dia,” tegasnya. Sementara skor tertinggi yang diraih peserta dari wilayah Malang Raya berada di angka 405.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Blitar, Mashudi menambahkan selama tiga hari ke depan warga Kabupaten Blitar dan Kota Blitar akan mengikuti sesi tes CPNS di Zona Malang. “Total peserta kami ada 7.225 orang. Tiap sesi sama yang masuk ada 345 orang. Saya yakin semua bisa berjalan lancar,” pungkasnya. 

Sumber : topbuzz.com

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "TAK SAKTI, JIMAT PESERTA TES CPNS KETAHUAN PENGAWAS DAN LANGSUNG ..."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel