CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK TERPADU 2019

WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID –Berikut adalah contoh rpp terbaru kurikulum 2013......
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                        :  SD Negeri Gunung Agung
Kelas / Semester          :  V (lima) /2
Tema 6                         :  Panas dan Perpindahannya
Subtema 1                    :  Suhu dan Kalor
Pembelajaran ke-        :  1
Fokus Pembelajaran   :  Bahasa Indonesia dan IPA
Alokasi Waktu            :  4 x 35 menit (4 JP)


A.  KOMPETENSI INTI (KI)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,guru, dan tetangga.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3  Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
·      Membuat ringkasan narasi teks video/gambar yang disajikan
·      Membuat kesimpulan bacaan, siswa mampu menyajikan ringkasan teks secara tepat.
4.3.  Menyajikan ringkasan tekspenjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata baku dan  kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual
·      Menuliskan kata-kata kunci yang ditemukan dalam tiap paragraf bacaan, siswa mampu meringkas teks eksplanasi pada media cetak secara tepat.

IPA
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6  Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari
·      Mengidentifikasikan benda-benda sekitar yang dapat menghantarkan panas.
·      Mendemonstrasikan kegiatan untuk membedakan suhu dan kalor.
·      Mendiskusikan perubahan suhu benda dengan konsep kalor dilepaskan dan kalor diterima oleh benda.
4.6  Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor.
·      Memahami perbedaan suhu dan kalor.

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan menuliskan kata-kata kunci yang ditemukan dalam tiap paragraf bacaan, siswa mampu meringkas teks eksplanasi pada media cetak secara tepat.
2.    Dengan membuat kesimpulan bacaan, siswa mampu menyajikan ringkasan teks secara tepat.
3.    Dengan melakukan percobaan tentang bagaimana sumber energi panas dapat menyebabkan perubahan, siswa mampu menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari secara bertangung jawab.
4.    Dengan membuat laporan percobaan, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor secara tepat

D.  MATERI PEMBELAJARAN
1. Teks Penjelasan
2. Ringkasan
3. Kalimat efektif
4. Kalor dan Perpindahannya
5. Suhu dan kalor
6. Perpindahan kalor

E.  METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran  : Saintifik.
Metode Pembelajaran        : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F.   MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat          : 1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan                  : -
Sumber Belajar    : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas V, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
                                2. Rumah Juara.
                           
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.          Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.          Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
3.          Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.          Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.
5.          Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6.          Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.          Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.          Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.          Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
15 menit
Kegiatan inti
1.      Guru membuka pelajaran dengan memperkenalkan judul tema dan subtema (Tema: Panas dan Perpindahannya, Subtema: Suhu dan Panas).
2.      Guru memberikan beberapa pertanyaan untuk menstimulus rasa ingin tahu siswa, tentang topik yang akan dibahas pada tema.
·         Apakah menurutmu panas bisa berpindah?
·         Bagaimana caranya panas berpindah?
·         Apakah kamu pernah memegang gagang panci di atas kompor yangmenyala? Apakah kamu merasakan panas?
·         Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?
3.      Siswa mencermati gambar yang disajikandi Buku Siswa, guru mengarahkan diskusi dengan meminta siswa untuk mengamati gambar tersebut.
·         Mengapa baju yang basah apabila dijemur di bawah sinar matahari bisa kering?
·         Apa yang terjadi pada air di dalam panic tersebut?
·         Apakah kamu pernah melihat peristiwa peristiwa seperti dalam gambar?
·         Sumber panas apa saja yang dapat kamu temukan dalam gambar?
4.      Siswa membaca teks bacaan yang berjudul “Sumber Energi Panas” di dalam hati. Siswa diperbolehkan untuk menggaris bawahi informasi penting yang ia temukan dalam bacaan.
5.      Siswa menjawab pertanyaan yang disediakan berdasarkan informasi yang ia dapatkan dari bacaan.
6.      Siswa membaca kembali bacaan Sumber Energi Panas, kemudian menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan isi bacaan.
7.      Siswa menuliskan kata-kata kunci yang ia temukan di setiap paragraf. Guru memberikan penjelasan tentang makna kata kunci, bahwa kata kunci adalah kata-kata yang dianggap penting dalam paragraf terkait.
8.      Hasil dari kegiatan pembelajaran pada tahap ini, dapat digunakan untuk memahamkan KD Bahasa Indonesia tentang meringkas teks penjelasan, khususnya mengenai kata kunci dalam teks penjelasan.
9.      Siswa membuat kesimpulan dari bacaan dan menjelaskan kepada teman sebangkunya.
10.  Guru menggunakan dialog antara Siti dan Udin sebagai stimulus untuk membahas mengenai sumber-sumber energi panas.
11.  Siswa diminta untuk melakukan pengamatan dan memperhatikan sumber-sumber energi panas apa saja yang mereka gunakan seharihari dari pagi hingga malam
12.  Siswa menuliskan hasil pengamatannya dalam bentuk tabel informasi dan melengkapi informasi pada kolom-kolom yang disediakan.
13.  Siswa mengidentifikasikan kegiatan yang ia lakukan, alat atau bahan yang digunakan dan sumber energi panas yang digunakan dalam kegiatan tersebut.
14.  Kegiatan ini digunakan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang KD IPA 3.6 dan 4.6
15.  Siswa membandingkan hasil pengamatannya dengan hasil pengamatan temannya, dan mencari persamaan dan perbedaan dari kedua hasil pengamatan tersebut.
16.  Siswa diberi kesempatan untuk menuliskan hal-hal yang mereka ingin ketahui lebih lanjut,siswa menyalin pertanyaan tersebut pada selembar kertas dan menempelkannya padadinding kelas.
17.  Berdasarkan tabel yang siswa buat, siswa diminta untuk mengidentifikasikan kegiatan mana yang menggunakan sumber energy panas yang paling sering dan paling jarang, dan melakukan prediksi apakah semakin sering energi panas digunakan maka akan semakin besar energi tersebut dipakai.
18.  Siswa melakukan kegiatan pengamatan untuk mengamati bagaimana sumber energi panas matahari dapat menyebabkan perubahanperubahan yang dengan mudah dapat kita lihat dan amati
19.  Siswa melakukan kegiatan bersama dengan kelompoknya yang terdiri dari tiga orang
20.  Siswa mempersiapkan beberapa alat dan bahan yang akan dibutuhkan dalam kegiatan tersebut : wadah untuk es batu, 6 buah es batu dengan ukuran yang sama dan pencatat waktu (siswa dapat menggunakan stopwatch atau jam tangan)
21.  Siswa menyiapkan tiga wadah yang masingmasing diisi dengan dua buah es batu.Wadah satu diletakkan di luar kelas di bawah matahari, wadah kedua diletakkan di atas meja di dalam kelas dan wadah ketiga, di dalam lemari atau tempat terlindung
22.  Siswa mengamati dengan mengukur dan mencatat waktu yang diperlukan bagi es batu pada masing-masing wadah untuk benar benar mencair.
110 menit
Penutup
1.    Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung.
2.    Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.    Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua yaitu: mengamati kegiatan yang memerlukan energi panas dalam jumlah banyak.
4.    Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.    Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6.    Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 menit

H.  PENILAIAN
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian Sikap
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap disiplin.

b.   Penilaian Pengetahuan
Muatan
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instumen
Bahasa Indonesia
·         Mengidentifikasi kalimat efektif.
Tes tertulis
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
IPA
·         Menjelaskan kegiatan untuk membedakan suhu dan kalor
Tes tertulis
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian

c.    Unjuk Kerja
Muatan
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instumen
Bahasa Indonesia
·         Membuat ringkasan narasi teks video/gambar yang disajikan.
Diskusi dan unjuk hasil
Rubrik penilaian pada BG halaman 10-11.
IPA
·         Mengidentifikasikan benda-benda sekitar yang dapat menghantarkan panas.
Unjuk kerja dan hasil
Rubrik penilaian pada BG halaman 10-11.

2.    Bentuk Instrumen Penilaian
a.    Jurnal Penilaian Sikap
No.
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1.





2.





3.





4.





5.






b.   Melengkapi Tabel Informasi Hasil Pengamatan
Bentuk Penilaian : Tertulis
Instrumen Penilaian : Rubrik
KD IPA 3.6 dan 4.6
Kriteria
Baik Sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Pendampingan
(1)
Ketepatan
informasi yang
disajikan.
Semua
informasi
yang disajikan
dalam tabel
jelas dan tepat.
Terdapat 2
kesalahan
informasi
yang disajikan
dalam tabel.
Terdapat 3 kesalahan
Informasi yang disajikan dalam tabel.
Terdapat lebih dari 3 kesalahan informasi yang disajikan dalam tabel.
Kelengkapan
informasi yang
disajikan.
Semua
informasi
diisi dengan
lengkap.
Ada 2
informasi yang
tidak diisi.
Ada 3
informasi yang
tidak diisi.
Ada lebih dari
3 informasi
yang tidak diisi.
Kesimpulan
Siswa dapat
membuat
kesimpulan
dengan
menjawab
semua
pertanyaan
yang
berhubungan
dengan energi
panas dengan.
Siswa dapat
membuat
kesimpulan
dengan
menjawab
sebagian besar
pertanyaan
yang
berhubungan
dengan energi
panas dengan
tepat.
Siswa dapat
membuat
kesimpulan
dengan
menjawab
sebagian kecil
pertanyaan
yang
berhubungan
dengan energi
panas dengan
tepat.
Siswa dapat
membuat
kesimpulan
dengan
menjawab satu
pertanyaan
yang
berhubungan
dengan energi
panas dengan
tepat.


Penilaian (penskoran): 

c.    Rubrik Laporan Pengamatan
Bentuk Penilaian : Penugasan
Instrumen Penilaian : Daftar Periksa
KD IPA 3.6 dan 4.6.
Kriteria
Ya
Tidak
Siswa mampu menjelaskan perubahan ukuran es batu pada ketiga
wadah dengan jelas dan tepat.


Siswa mampu menjelaskan es batu yang mencair terlebih dahulu
berdasarkan pengamatan.


Siswa mampu menjelaskan alasan mengapa es batu tersebut
mencair terlebih dahulu.



Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK TERPADU 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel