MENDIKBUD: KORUPSI DANA PENDIDIKAN DOSANYA 10 KALI LIPAT LEBIH BESAR, KARENA...

WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID –Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengimbau pemerintah daerah bisa menjaga anggaran pendidikan. Anggaran pendidikan yang porsinya cukup besar rentan disalahgunakan.

"Karena itu saya mengimbau betul kepada pemerintah daerah untuk gunakan anggaran transfer daerah sektor pendidikan terutama sebaik-baiknya, jangan sampai dikorupsi, jangan sampai bocor," kata Muhadjir di kantor pusat Kemendikbud.

Mendikbud menilai Bahwa Anggaran Pendidikan Menyangkut Masa Depan Anak Bangsa Sehingga Beban Dosa Yang Ditanggung Oleh Koruptor Lebih Besar.

"Ingat mengkorupsi anggaran pendidikan itu dosanya 10 kali lipat dibanding anggaran yang lain, karena itu menyangkut masa depan anak-anak kita, masa depan Indonesia," sambungnya.

Ia menjelaskan pendidikan adalah tanggung jawab pemerintahan konkuren (pusat, provinsi, dan kota). Oleh karena itu, wewenangnya pun terbagi antara pusat dan daerah, yang kemudian pembagian itu tercermin dalam pembagian anggaran.

"Sekarang anggaran pendidikan itu hampir 64% itu adalah jadi transfer, anggaran transfer daerah. Sementara yang dikelola oleh kementerian di bidang kebudayaan sebagai leading sector di bidang pendidikan itu hanya sekitar 7 koma sekian persen," katanya.


Hal tersebut, menurutnya, telah sesuai dengan apa yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, yang menyebutkan pendidikan itu merupakan urusan pemerintahan konkuren yang berbentuk layanan dasar dan wajib.

Sebagai informasi, hari ini Kemendikbud merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Kegiatan tersebut berpusat di kantor pusat Kemendikbud di Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta, dimulai dengan upacara Hardiknas yang dipimpin oleh Muhadjir.

Sumber :detik.com

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "MENDIKBUD: KORUPSI DANA PENDIDIKAN DOSANYA 10 KALI LIPAT LEBIH BESAR, KARENA..."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel