NILAI LEBIH APA SAJA YANG HARUS DIMILIKI GURU? GURU WAJIB MEMILIKI INI

WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID -Guru dengan nilai lebih dapat menjadi ukuran perkembangan suatu lembaga pendidikan. Semakin banyak guru yang mempunyai point plus, maka semakin banyak pula melahirkan lulusan yang memiliki nilai lebih. Lantas, bagaimana dikatakan seorang guru itu mempunyai nilai lebih?

Pertama, cakap menggunakan media khususnya media elektronik dalam pembelajaran. Komputer atau laptop adalah barang wajib yang harus dimiliki oleh seorang guru di era milenial saat ini. Jangan sampai siswa lebih terampil dalam menggunakan media elektronik ketimbang gurunya.

Guru dituntut untuk mempunyai perangkat pembelajaran, seperti; silabus, KKM, RPP, hingga pembuatan bank soal. Yang kesemuanya itu tidak mungkin lagi dipersiapkan dengan tulisan tangan. Pengawas sekolah akan datang untuk memeriksa kelengkapan guru berupa perangkat pembelajaran tersebut. Mengevaluasi dan memberi penilaian saat mengajar di kelas.

Guru yang menggunakan media dalam mengajar, tentu mendapat nilai lebih dibanding yang masih konvensional. Jadi, mempunyai dan mampu menggunakan media, khususnya media elektronik, dapat menambah nilai lebih keprofesian anda sebagai guru. Maka, milikilah dan belajarlah.


Kedua, Mempunyai kekhasan tersendiri. Berkompetisi untuk lebih baik dan meningkatkan kualitas diri adalah ciri guru yang ingin maju. Setiap orang dibekali kemampuan dalam dirinya masing-masing. Mungkin potensi itu belum muncul tapi ada. Nah, asahlah potensi anda dengan rajin berlatih. Munculkan nilai tambah dalam diri anda.

Mungkin anda pernah menonton acara televisi, ajang pencarian bakat. Katakan saja mencari bakat seorang penyanyi. Nah, banyak juri yang berkomentar bahwa bisa bernyanyi sesuai nada yang mengiringi saja tidak cukup, karena sudah banyak penyanyi dengan kemampuan seperti itu. Tapi ia akan memilih calon penyanyi yang mempunyai nilai lebih, misal suara yang unik atau bisa bernyanyi sambil memainkan alat musik.

Bagaimana dengan profesi guru? kurang lebih sama saja. Misal guru bahasa indonesia yang mempunyai keahlian menulis. Hingga ia menerbitkan sebuah buku, novel, atau karya sastra lainnya. Tentu berbeda dengan guru yang belum pernah menerbitkan karya sastra.  Bagaimana ia akan mengajarkan cara menulis yang baik jika ia sendiri tak pernah melahirkan sebuah karya tulis, seperti artikel, cerpen, puisi dan lain sebagainya.

Maka, sebaiknya setiap guru mempunyai dan atau menambah skill khas yang dapat diandalkan. Tidak sekedar bisa mengajar materi yang telah ada di buku. Namun bisa menambah keterampilan siswa dengan kekhasan guru yang dimiliki.

Ketiga, Menguasai lebih dari satu disiplin ilmu. Ini juga satu kelebihan dari seorang guru. Ia memang mengajarkan matematika tapi handal dalam ilmu sastra dan piawai dalam berceramah agama. Seorang guru dengan jurusan tertentu tapi mahir juga mengajar pelajaran lain adalah kualitas diri yang harus dijaga.

Sumber : www.kompasiana.com

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "NILAI LEBIH APA SAJA YANG HARUS DIMILIKI GURU? GURU WAJIB MEMILIKI INI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel