MENDIKBUD PASTIKAN AKAN LACAK DAN SEGERA USUT AKSI SISWA MENYEBUT 2019 GANTI PRESIDEN

WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memastikan pihaknya akan mengusut aksi para siswa berseragam pramuka yang menyerukan 2019 ganti presiden.

Menurut dia, Kemendikbud akan menggandeng Kemenpora dan Kwarnas Pramuka untuk mencari tahu siapa dan motif dari para siswa menyebut 2019 ganti presiden.

"Kami sedang lacak. Kami usut sekarang ada di mana itu kejadiannya," kata Muhadjir soal siswa menyebut 2019 ganti presiden, di kompleks Istana Kepresidenan.

Sebuah video merekam sejumlah anak berseragam mirip Pramuka. Dalam video itu, mereka meneriakkan 2019 ganti presiden.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memastikan mendalami siapa anak-anak dalam video itu. Mendikbud bersama-sama dengan Kemenpora dan Kwarnas Pramuka untuk mencari tahu siapa dan motif dari para siswa menyebut 2019 ganti presiden.

"Kami sedang lacak. Kami usut sekarang ada di mana itu kejadiannya," kata Muhadjir di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (16/10).

Muhadjir menegaskan aksi yang dilakukan para siswa tersebut sangat tidak dibenarkan. Ia pun mengancam akan memberi sanksi tegas apabila ada oknum guru yang sengaja mendoktrin para siswanya agar mendukung pasangan calon tertentu.


"Teguran keras, yang paling berat ya dikeluarkan. Karena itu adalah wilayah pendidikan. Siswa tidak boleh diberi indoktrinasi-indoktrinasi yang belum waktunya, yang tidak sesuai dengan yang seharusnya sebagai seorang siswa," terang Muhadjir.

Kemendikbud, kata Muhadjir, akan memantau secara ketat lingkungan sekolah guna mencegah kejadian serupa terulang. Ia kembali menegaskan lembaga pendidikan dilarang dijadikan tempat berpolitik praktis.

"Kami terus melakukan pemantauan, secara ketat. Tapi masalahnya adalah kejadiannya itu kemungkinan besar di luar sekolah. Menurut aturan yang tidak boleh itu kan di lembaga pendidikan," ucap Muhadjir.

Sebelumnya, Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka Indonesia, Budi Waseso, memastikan anak-anak terekam dalam video itu bukan dari pihak Pramuka Indonesia. Salah satu yang paling identik memastikan anak-anak itu bukan anggota Pramuka, terlihat pada seragam yang mereka kenakan. Meski mirip di seragam tidak ada lambang-lambang kemahiran seperti seragam pada umumnya.

"Saya perlu menyikapi ini karena Pramuka tidak berpolitik. Dan Pramuka bukan kekuatan politik atau partai ya. Supaya paham. Jangan sampai nanti Pramuka diseret-seret soal kepentingan-kepentingan yang sebenarnya bukan pramuka," kata Waseso.

Sumber : www.liputan6.com

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "MENDIKBUD PASTIKAN AKAN LACAK DAN SEGERA USUT AKSI SISWA MENYEBUT 2019 GANTI PRESIDEN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel