TERBARU !!! CARA DAN PERSYARATAN MENDAPATKAN NPK (NOMOR PENDIDIK KEMENAG) TAHUN 2018/ 2019

Assalamu'alaikum wr.wb. selamat datang di website infokemendikbud.web.id dan salam sejahtera untuk rekan-rekan guru semua...
simak informasi terbaru yang sangat penting berikut ini tentang CARA DAN PERSYARATAN MENDAPATKAN NPK (NOMOR PENDIDIK KEMENAG) TAHUN 2018/ 2019

Cara dan Persyaratan Mendapatkan (Nomor pendidik  Kemenag) Tahun 2018 serta langkah beroleh Nomor Pendidik Kemenag atau NPK. Bagaimana langkah mendapatkannya? Apa manfaat serta faedah Nya? Apa hubungannya pada Simpatika, NUPTK, serta NPK? 

Hal baru biasanya  buat berfikir, bahkan juga kadang kala kegamangan. 

NPK, singkatan dari Nomor Pendidik Kemenag yaitu nomor atau kode teristimewa yang  dapatkan pada guru dalam lingkungan Kementerian Agama.(Nomor pendidik  Kemenag) sekalian jadi kode jatidiri untuk guru yang ber-satminkal dalam lingkungan Kemenag. Kode ini bersifat 13 digit angka yang unik (unique key) maka pada NPK satu guru akan tidak sama juga dengan guru yang lain. 

Singkatnya bisa dalam anggap andaikan (Nomor pendidik  Kemenag)yaitu seperti kartu NUPTK yang berlaku teristimewa di lingkungan Kementerian Agama. Sistem penerbitannya juga lewat service Simpatika sebagai 'Padamu-Negeri-nya' Kemenag.

Peranan serta Arah Penerbitan Nomor pendidik  Kemenag

Seperti NUPTK, NPK jadi jatidiri untuk pendidik di lingkungan kemenag. Juga berguna jadi satu diantara instrumen pengendalian serta monitoring dinamika data pendidik. Yang arahnya faedah mensupport program pengembangan kualitas pendidik di lingkungan Kementerian Agama. 
Gak usah bimbang. Malah hadirnya (Nomor pendidik  Kemenag)jadi satu diantara terobosan Kementerian Agama lewat system pendataan Simpatika. Yang andaikan mesti tetaplah keukuh (ngotot) dengan NUPTK, juga akan makin repot!karena walaopun punya NUPTK tanpa ada NPK sama Saja Belum dalam akui sebagai pendidik kemenag.


Sehingga ke depan, beragam program penambahan kualitas, termasuk juga penambahan kesejahteraan, guru di kelompok Kemenag tak akan mesti memakai NUPTK. Penjaringan peserta PLPG, Inpassing, pencairan tunjangan profesi, serta beda semacamnya cukup memakai NPK.
Prasyarat serta Langkah Memperoleh nya

Lalu bagaimanakah cara serta prasyarat untuk meraih Nomor Pendidik Kemenag? 
Semuanya pendidik di lingkungan Kementerian Agama bisa meraih NPK. Pastinya dengan prasyarat serta keputusan yang sudah tergantung. 

NPK atau Nomor Pendidik Kemenag dapat diberi dengan cara segera (automatis) serta lewat sistem mengajukan.

Pendidik Kemenag yang automatis memperoleh NPK yaitu : 

1. Pendidik PNS 
2. Pendidik Non-PNS yang sudah miliki NUPTK 

Pendidik yang belum juga miliki NUPTK bisa memajukan diri untuk meraih NPK. Kelompok pendidik ini bisa memajukan diri dengan prasyarat : 

1. Telah miliki PegID bintang 4 di service Simpatika. 
2. Memiliki kwalifikasi pendidikan minimum D4/S1. 
3. Telah mengajar dalam satminkal pada madrsah/RA dalam naungan Kementerian Agama sedikitnya 2 th.. 
4. Memiliki kisah mengajar 4 semester dengan cara berurutan dalam dua th. paling akhir.

Bagaimana Langkah Ajukannya? 

Mengajukan serta penerbitan (Nomor pendidik  Kemenag) lewat service Simpatika. 

Untuk PNS serta guru Non-PNS, NPK juga akan diterbitkan automatis (tanpa ada ajuan manual) lewat sistim service Simpatika. Tanpa ada butuh lakukan apa-apa, ke-2 kelompok pendidik ini juga akan segera keluar Nomor Pendidik Kemenag (Nomor pendidik  Kemenag) -nya di service Simpatika pada account pribadi semasing. 


Silahkan login ke Simpatika account pribadi PTK buat mengecek NPK telah terbit atau belum juga. Namun tunggulah sesudah service Simpatika di buka kembali mulai Februari yang akan datang. Bila belum juga keluar juga, tunggulah saja, di pastikan semester ini, kok! 

Bagi pendidik yang belum  mempunyai NUPTK serta  PegID? 

Pada semester ini juga akan terdapat banyak feature baru di service Simpatika. Salah nya ialah Ajuan NPK. Feature ini juga akan automatis keluar untuk pendidik-pendidik yang penuhi beberapa syarat seperti itu diatas. 

Karenanya begitu perlu untuk tiap-tiap PTK buat mengecek account PTK semasing di service Simpatika. Yakinkan data-data yang dimuat sudah sesuai sama serta komplit. Data yg tidak benar bisa menyebabkan tidak timbulnya feature mengajukan NPK. 

Jadi contoh, seseorang pendidik sudah lulus S1. Namun data di Simpatika pada portofolio kisah pendidikan baru tertulis lulus SMA. Jadi dapat di pastikan feature mengajukan NPK pendidik itu tak kan keluar. 


Jika ada data yang belum juga benar, silahkan jalankan prosedur perubahan data portofolio. Kemudian bikin Surat Mengajukan Perubahan Data (S12) yang diserahkan ke Admin Simpatika tingkat Kabupaten/Kota maka diterbitkan Surat Kesepakatan Perubahan Data (S13). 
Prosedur serta beberapa langkah yang perlu dilaksanakan buat mendaftar NPK untuk guru PegID juga akan dibahas dalam artikel selanjutnya. 

Perlu diingat !

Untuk pendidik yang sudah penuhi beberapa syarat (seperti itu diatas), namun belum juga mempunyai PegID, atau telah tercatat di service Simpatika namun statusnya belum juga bintang 4, pasti tidak dapat ajukan NPK

Untuk dapat memperoleh NPK, pendidik yang belum juga mempunyai PegID mesti terlebih dulu mendaftar di service Simpatika. Kemudian merampungkan bagian sistem verval di account Simpatika itu sampai menggapai bintang 4. 

Untuk PTK Belum juga Aktif 

Jika pada semester tempo hari, PTK lupa tidak lakukan pengaktifan diri (sampai cetak kartu) di service Simpatika maka status pada kisah vervalnya masih tetap " Belum juga Aktif ", dengan terpaksa tidak bisa ajukan NPK. 
Karena seperti itu diatas, salah satunya ketentuan beroleh NPK yaitu " mempunyai kisah mengajar 4 semester dengan berurutan dalam dua th. paling akhir ". 

NUPTK bagimanaya? 

NUPTK tetaplah berlaku. Karena NPK cuma berlaku di lingkungan Kementerian Agama. Serta untuk yang belum juga mempunyai tetaplah dapat ajukannya ke Ditjen Guru serta Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan. Tentunya sama sesuai beberapa syarat serta ketetapan yang diputuskan oleh Ditjen GTK.

Sumber : http://www.gurupai.web.id

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di website infokemendikbud.web.id Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber  terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "TERBARU !!! CARA DAN PERSYARATAN MENDAPATKAN NPK (NOMOR PENDIDIK KEMENAG) TAHUN 2018/ 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel