CARA TERBARUU MERUMUSKAN INDIKATOR PADA K13 REVISI TERBARU 2018/2019
Assalamu'alaikum wr.wb. selamat datang di website infokemendikbud.web.id dan salam sejahtera untuk rekan-rekan guru semua...
simak informasi terbaru yang sangat penting berikut ini tentang CARA TERBARUU MERUMUSKAN INDIKATOR PADA K13 REVISI TERBARU 2018/2019
Setelah mengalami revisi, perumusan Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK) pada Kurikulum 2013 (K13 menjadi bagian penting. Untuk
mencapai titik kompetensi dasar sesuai dengan target guru pada kegiatan belajar
mengajar, maka diperlukan indikator pencapaian . Dalam merumuskan indikator
pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ada kaidah-kaidah yang harus di
cermati.
Menurut Mulyasa (2007:139), indikator adalah perilaku yang
dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi
dasar (KD) tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Fungsi
indikator adalah untuk mengembangkan materi pembelajaran atau bahan ajar,
mendesain kegiatan pembelajaran, dan merancang dan melaksanakan penilaian hasil
belajar.
Ketentuan Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Indikator dirumuskan dari KD
2. Menggunakan
kata kerja operasional (KKO) yang dapat diukur
3. Dirumuskan dalam kalimat yang simpel, jelas dan mudah
dipahami.
4. Tidak menggunakan kata yang bermakna ganda
5. Hanya mengandung satu tindakan.
6. Memperhatikan karakteristik mata pelajaran, potensi
& kebutuhan peserta didik, sekolah, masyarakat dan lingkungan/daerah.
Untuk indikator dianalisi berdasarkan tingkat aspek UKRK
(urgensi, keterkaitan, relevansi, dan keterpakaian) kompetensi pada KD.
Benjamin S. Bloom dan kawan-kawannya berpendapat bahwa pengelompokkan tujuan
pendidikan itu harus senantiasa mengacu kepada tiga jenis domain yaitu: proses
berfikir (kognitif), sikap (afektif), dan keterampilan.
Contoh Rumusan Indikator Sesuai Taksonomi Bloom
Muatan Pelajaran: PKn (Buku Guru Kelas 1, Tema 6, Sub Tema
1, Pembelajaran 1, Hal:3)
KD: 3.2
Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
dirumah.
Mengidentifikasi = C1 ( Mengingat ) Taksonomi
Bloom
Indikator:
3.2.1 Menyebutkan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.2 Menjelaskan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
3.2.3 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
Sumber : http://www.sekolahdasar.net/
Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di website infokemendikbud.web.id Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
Belum ada Komentar untuk "CARA TERBARUU MERUMUSKAN INDIKATOR PADA K13 REVISI TERBARU 2018/2019"
Posting Komentar