RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 KELAS 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD Negeri Gunung Agung
Kelas / Semester : V (lima) / 1
Tema : 1. Gerak Hewan dan Manusia
Subtema : 2. Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : IPA, Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit (4
JP)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
IPA
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
3.1 Menjelaskan alat
gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan
alat gerak manusia.
|
·
Mengetahui aktivitas-aktivitas manusia yang
memanfaatkan organ manusia
|
4.1 Membuat model
sederhana alat gerak manusia dan hewan
|
·
Menyebutkan aktivitas-aktivitas
manusia yang memanfaatkan organ manusia
|
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
3.1 Menentukan
pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
|
·
Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan
·
Menyebutkan pengertian, fungsi,dan cara menentukan
ide pokok bacaan
|
4.1 Menyajikan
hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan,
tulis, dan visual.
|
·
Mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan
mengamati gambar, siswa dapat mengetahui aktivitas-aktivitas manusia yang
memanfaatkan organ manusia secara rinci.
2. Dengan
kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan
secara percaya diri.
3. Dengan
menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara
tanggung jawab.
4. Dengan
berdiskusi, siswa dapat menyebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide
pokok bacaan secara percaya diri.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Aktivitas-aktivitas
manusia yang memanfaatkan organ manusia.
2.
Ide pokok
paragraf.
3.
Mengembangkan
ide pokok menjadi paragraf.
4.
Pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan.
E. PENDEKATAN
DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F.
MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat :
1. Teks bacaan.
2. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
3. Gambar tentang aktivitas yang memanfaatkan
kerja organ gerak manusia.
4. Kotak kubus
Bahan :
-
Sumber Belajar :
1. Buku Guru dan Buku
Siswa Kelas V, Tema 1: Organ Gerak Hewan dan
Manusia, Subtema 2: Manusia
dan Lingkungan,
Pembelajaran 1. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Rumah
Juara
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas dibuka dengan salam,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.
Kelas dilanjutkan dengan
doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
3.
Siswa difasilitasi untuk
bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain
berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.
Siswa diajak menyanyikan
Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan
semangat kebangsaan.
5.
Siswa diminta memeriksa
kerapian diri dan kebersihan kelas.
6.
Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar.
7.
Guru menstimulus pengetahuan dan daya analisa siswa
dengan mengajukan pertanyaan pada buku siswa.
8.
Biarkan siswa mengembangkan jawabannya secara
mandiri dan mampu menjadikan benda-benda atau peristiwa-peristiwa yang ada
dan terjadi di sekitarnya sebagai sumber inspirasi.
9.
Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pra-test dan
merangsang keingintahuan siswa untuk belajar lebih jauh lagi. Dengan demikian
kegiatan awal pembelajaran ini dilakukan secara menarik dan interaktif.
|
15 menit
|
Kegiatan inti
|
1. Siswa membaca bacaan berjudul “Bersepeda”.
2. Selesai membaca dan memahami isi bacaan, siswa menentukan
dan menuliskan ide pokok bacaan.
3. Siswa mengerjakan
secara mandiri.
4. Guru berkeliling
membantu siswa yang mengalami kesulitan.
5. Secara mandiri siswa
mencoba membuat paragraf berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan.
6. Siswa mengisi tabel
mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan aktivitas fisik
yang berkaitan dengan organ gerak.
|
110 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru
melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
· Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
· Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.
Siswa bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.
Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
|
15 menit
|
H. PENILAIAN
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau
negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap percaya diri, peduli, tanggung jawab, dan disiplin melalui jurnal.
b.
Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis
c.
Penilaian Keterampilan
Uji unjuk kerja
2.
Bentuk Instrumen Penilaian
a.
Jurnal Penilaian Sikap
No.
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
b.
Penilaian Pengetahuan
Nama
Siswa
|
Hasil
Penilaian Pengetahuan
|
|||
Aspek
1
|
Aspek
2
|
|||
Tercapai
(P)
|
Belum
Tercapai
(P)
|
Tercapai
(P)
|
Belum
Tercapai
(P)
|
|
Keterangan:
Aspek 1: Menemukan ide pokok dari sebuah bacaan.
Aspek 2: Menyebutkan aktivitas-aktivitas manusia yang memanfaatkan
organ manusia.
|
||||
c. Penilaian
Unjuk Kerja
· Rubrik Membuat Bacaan
Aspek
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi yang
sangat tinggi.
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi cukup
tinggi.
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi yang
cukup tinggi
namun
membutuhkan
sedikit bantuan
guru dalam
pengerjaanya.
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi yang
kurang dan
membutuhkan
banyak bantuan
guru dalam
pengerjaanya.
|
Kemandirian
&
Manajemen
Waktu
(attitude)
|
Sangat mandiri
mengerjakan
tugas bahkan
selesai sebelum
waktunya.
|
Mandiri
mengerjakan
tugas l dan
selesai tepat
waktu.
|
Masih perlu
diingatkan
sesekali untuk
menyelesaikan
tugas.
|
Tidak
menyelesaikan
tugas tepat pada
waktunya.
|
Keterampilan
|
Bacaan
disampaikan
dengan
menggunakan
tata bahasa
Indonesia yang
baik dan baku.
|
Terdapat satu
atau dua
kesalahan dalam
tata bahasa
Indonesia yang
baik dan baku.
|
Terdapat tiga
atau empat
kesalahan dalam
tata bahasa
Indonesia yang
baik dan baku.
|
Terdapat lebih
dari empat
kesalahan dalam
tata bahasa
Indonesia yang
baik dan baku.
|
· Mencari Ide Pokok Bacaan
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||||||
Ketepatan
|
Menemukan
keseluruhan ide
pokok dengan
tepat.
|
Hampir semua
ide pokok
ditemukan
dengan tepat.
|
Ada beberapa ide
pokok ang tidak
tepat.
|
Sebagian ide
pokok yang
ditemukan tidak
tepat.
|
||||||
Menunjukkan
bukti
pendukung
|
Mampu
menunjukkan
bukti pendukung,
|
Mampu
menunjukkan
hampir semua
bukti pendukung.
|
Ada beberapa
bukti pendukung
yang ditunjukan
tidak tepat.
|
Sebagian besar
bukti pendukung
yang ditunjukkan
tidak tepat.
|
||||||
Waktu
|
Keseluruah ide
pokok ditemukan
dengan sangat
cepat.
|
Keseluruhan ide
pokok ditemukan
dengan cepat.
|
Keseluruhan ide
pokok ditemukan
dengan cukup
cepat.
|
Keseluruhan ide
pokok ditemukan
dengan sangat
lambat.
|
||||||
Keterampilan
Penulisan:
Ringkasan
dibuat dengan
benar, sistematis
dan jelas, yang
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik.
|
Keseluruhan
hasil penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
sangat baik, di
atas rata-rata
kelas.
|
Keseluruhan
hasil penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik.
|
Sebagian besar
hasil penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang terus
berkembang.
|
Hanya sebagian
kecil hasil
penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
masih perlu terus
ditingkatkan.
|
||||||
·
Menuliskan Ide
Pokok dari Bacaan
|
||||||||||
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
|
|||||||
Aspek
|
Bimbingan
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||||||
Rumusan
ide
pokok:
Ide
pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat (Subjek + Predikat).
|
Keseluruhan ide
pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat.
|
Hampir semua
ide pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat.
|
Sebagian besar
ide pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat.
|
Hanya sebagian
kecil ide pokok
ditulis dalam
bentuk kalimat.
|
||||||
Penggunaan
Bahasa
Indonesia
yang
baik dan
benar:
Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan
dalam penulisan
ringkasan.
|
yang baik dan
benar digunakan
dengan efisien dan
menarik dalam
keseluruhan
penulisan.
|
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan efisien dalam keseluruhan
penulisan.
|
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian besar
penulisan.
|
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian kecil
penulisan.
|
||||||
Ketepatan:
Ide
pokok yang ditulis
benar dan sesuai
dengan bacaan.
|
Keseluruhan
ide pokok yang
ditulis benar dan
sesuai dengan
bacaan.
|
Hampir
keseluruhan
ide pokok yang
ditulis benar dan
sesuai dengan
bacaan.
|
Sebagian besar
ide pokok yang
ditulis benar dan
sesuai dengan
bacaan.
|
Sebagian kecil
ide pokok yang
ditulis benar dan
sesuai dengan
bacaan.
|
||||||
Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID, Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 KELAS 5"
Posting Komentar