RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 KELAS 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                        :  SD Negeri Gunung Agung
Kelas / Semester          :  V (lima) / 1
Tema                            :  1. Gerak Hewan dan Manusia
Subtema                       :  2. Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran ke-        :  1
Fokus Pembelajaran   :  IPA, Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu            :  4 x 35 menit (4 JP)

A.  KOMPETENSI INTI (KI)
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
IPA
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
·         Mengetahui aktivitas-aktivitas manusia yang memanfaatkan organ manusia
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan
·         Menyebutkan aktivitas-aktivitas manusia yang memanfaatkan organ manusia

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1   Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
·         Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan
·         Menyebutkan pengertian, fungsi,dan cara menentukan ide pokok bacaan
4.1   Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
·         Mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf



C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengetahui aktivitas-aktivitas manusia yang memanfaatkan organ manusia secara rinci.
2.      Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara percaya diri.
3.      Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara tanggung jawab.
4.      Dengan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.

D.  MATERI PEMBELAJARAN
1.      Aktivitas-aktivitas manusia yang memanfaatkan organ manusia.
2.      Ide pokok paragraf.
3.      Mengembangkan ide pokok menjadi paragraf.
4.      Pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan.

E.  PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran  : Saintifik.
Metode Pembelajaran        : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F.   MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat          : 1. Teks bacaan.
2. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
3. Gambar tentang aktivitas yang memanfaatkan kerja organ gerak manusia.
4. Kotak kubus
Bahan                  : -
Sumber Belajar    : 1. Buku Guru dan Buku Siswa  Kelas V,  Tema 1: Organ Gerak Hewan dan Manusia, Subtema 2: Manusia dan Lingkungan, Pembelajaran 1.  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
                              2. Rumah Juara



G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.      Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
3.      Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.      Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.
5.      Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar.
7.      Guru menstimulus pengetahuan dan daya analisa siswa dengan mengajukan pertanyaan pada buku siswa.
8.      Biarkan siswa mengembangkan jawabannya secara mandiri dan mampu menjadikan benda-benda atau peristiwa-peristiwa yang ada dan terjadi di sekitarnya sebagai sumber inspirasi.
9.      Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pra-test dan merangsang keingintahuan siswa untuk belajar lebih jauh lagi. Dengan demikian kegiatan awal pembelajaran ini dilakukan secara menarik dan interaktif.
15 menit
Kegiatan inti
1.      Siswa membaca bacaan berjudul Bersepeda”.
2.      Selesai membaca dan memahami isi bacaan, siswa menentukan dan menuliskan ide pokok bacaan.
3.      Siswa mengerjakan secara mandiri.
4.      Guru berkeliling membantu siswa yang mengalami kesulitan.
5.      Secara mandiri siswa mencoba membuat paragraf berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan.
6.      Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan aktivitas fisik yang berkaitan dengan organ gerak.
110 menit
Penutup
1.          Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
·      Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
·      Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.          Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.        Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 menit

H.  PENILAIAN
1.    Teknik Penilaian
a.      Penilaian Sikap
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap percaya diri, peduli, tanggung jawab, dan disiplin melalui jurnal.

b.      Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis

c.       Penilaian Keterampilan
Uji unjuk kerja

2.    Bentuk Instrumen Penilaian
a.      Jurnal Penilaian Sikap
No.
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1.





2.





3.





4.





5.






b.      Penilaian Pengetahuan


Nama Siswa
Hasil Penilaian Pengetahuan
Aspek 1
Aspek 2
Tercapai
(P)
Belum Tercapai
(P)
Tercapai
(P)
Belum Tercapai
(P)













































Keterangan:
Aspek 1: Menemukan ide pokok dari sebuah bacaan.
Aspek 2: Menyebutkan aktivitas-aktivitas manusia yang memanfaatkan organ manusia.

c.       Penilaian Unjuk Kerja
·      Rubrik Membuat Bacaan
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi yang
sangat tinggi.
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi cukup
tinggi.
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi yang
cukup tinggi
namun
membutuhkan
sedikit bantuan
guru dalam
pengerjaanya.
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi yang
kurang dan
membutuhkan
banyak bantuan
guru dalam
pengerjaanya.
Kemandirian
& Manajemen
Waktu (attitude)
Sangat mandiri
mengerjakan
tugas bahkan
selesai sebelum
waktunya.
Mandiri
mengerjakan
tugas l dan
selesai tepat
waktu.
Masih perlu
diingatkan
sesekali untuk
menyelesaikan
tugas.
Tidak
menyelesaikan
tugas tepat pada
waktunya.
Keterampilan
Bacaan
disampaikan
dengan
menggunakan
tata bahasa
Indonesia yang
baik dan baku.
Terdapat satu
atau dua
kesalahan dalam
tata bahasa
Indonesia yang
baik dan baku.
Terdapat tiga
atau empat
kesalahan dalam
tata bahasa
Indonesia yang
baik dan baku.
Terdapat lebih
dari empat
kesalahan dalam
tata bahasa
Indonesia yang
baik dan baku.

·      Mencari Ide Pokok Bacaan
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan

4
3
2
1

Ketepatan
Menemukan
keseluruhan ide
pokok dengan
tepat.
Hampir semua
ide pokok
ditemukan
dengan tepat.
Ada beberapa ide
pokok ang tidak
tepat.
Sebagian ide
pokok yang
ditemukan tidak
tepat.

Menunjukkan
bukti pendukung
Mampu
menunjukkan
bukti pendukung,
Mampu
menunjukkan
hampir semua
bukti pendukung.
Ada beberapa
bukti pendukung
yang ditunjukan
tidak tepat.
Sebagian besar
bukti pendukung
yang ditunjukkan
tidak tepat.

Waktu
Keseluruah ide
pokok ditemukan
dengan sangat
cepat.
Keseluruhan ide
pokok ditemukan
dengan cepat.
Keseluruhan ide
pokok ditemukan
dengan cukup
cepat.
Keseluruhan ide
pokok ditemukan
dengan sangat
lambat.

Keterampilan
Penulisan:
Ringkasan
dibuat dengan
benar, sistematis
dan jelas, yang
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik.
Keseluruhan
hasil penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
sangat baik, di
atas rata-rata
kelas.
Keseluruhan
hasil penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik.
Sebagian besar
hasil penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang terus
berkembang.
Hanya sebagian
kecil hasil
penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
masih perlu terus
ditingkatkan.

·      Menuliskan Ide Pokok dari Bacaan

Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu

Aspek
Bimbingan






4
3
2
1

Rumusan ide
pokok: Ide
pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat (Subjek + Predikat).
Keseluruhan ide
pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat.
Hampir semua
ide pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat.
Sebagian besar
ide pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat.
Hanya sebagian
kecil ide pokok
ditulis dalam
bentuk kalimat.

Penggunaan
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar: Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan
dalam penulisan
ringkasan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan efisien dan
menarik dalam
keseluruhan
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan efisien dalam keseluruhan
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian besar
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian kecil
penulisan.

Ketepatan: Ide
pokok yang ditulis
benar dan sesuai
dengan bacaan.
Keseluruhan
ide pokok yang
ditulis benar dan
sesuai dengan
bacaan.
Hampir
keseluruhan
ide pokok yang
ditulis benar dan
sesuai dengan
bacaan.
Sebagian besar
ide pokok yang
ditulis benar dan
sesuai dengan
bacaan.
Sebagian kecil
ide pokok yang
ditulis benar dan
sesuai dengan
bacaan.



Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.INFOKEMENDIKBUD.WEB.ID,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 KELAS 5"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel